Dewasa
ini, penggunaan telepon genggam atau handphone
semakin pesat. Maraknya penggunaan handphone
semakin memicu berkembangnya aplikasi didalam handphone tersebut. Karena berkembangnya aplikasi, jenis handphone smartphone pun sedang marak digandrungi oleh masyarakat. Smartphone merupakan istilah dari handphone (cellular phone) dengan
kemampuan multimedia dan komputing
yang lebih advance daripada handphone pada umumnya.
Pada saat ini, sebagian bersar
masyarakat menggunakan smartphone yang
bersistem operasi Android. Aplikasi-aplikasi
di dalam Android relatif mudah
digunakan oleh semua kalangan. Karena fitur-fitur yang sangat sederhana
sehingga lebih cepat dalam hal
penggunaan. Selain itu, aplikasi Android
juga open source (gratis) sehingga
banyak orang dapat membuat aplikasi sendiri ataupun mengunduhnya tanpa biaya. Aplikasi Android juga dapat digunakan untuk berinteraksi sesama handphone lainnya dan dapat digunakan
sebagai media pembelajaran untuk setiap orang.
Dengan
kemajuan teknologi tersebut, aplikasi android dapat mendukung pendidikan
anak-anak. Pendidikan saat ini tidak hanya didapat dari
kegiatan sekolah, ekstrakurikuler, maupun dari tempat kursus belajar lainnya.
Pendidikan juga dapat diajarkan tidak hanya dari guru maupun mentor tetapi
seorang siswa pun dapat belajar sendiri. Untuk itu perlu alat pembelajaran yang
khusus, dalam arti dapat digunakan dan dimengerti dengan mudah oleh
penggunanya.
Salah satu caranya adalah “Learning Transportation Equipment”.
Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile berbasis
Android yang berfungsi untuk
mengajarkan kepada anak-anak mengenai jenis alat transportasi yang ada di
sekitar kita dalam bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini, anak-anak dapat
mengetahui alat transportasi melalu gambar-gambar yang sudah disediakan,
tulisan nama alat transportasi tersebut, serta suara untuk mengeja alat
transportasi dalam bahasa Inggris, sehingga anak-anak dapat belajar dengan cara
yang lebih santai dan lebih menarik.
1. Rancangan Input / Output
Learning Transportation Equipment
adalah sebuah aplikasi yang dibuat dengan dasar pemrograman Java pada
sebuah sistem operasi Android. Dasar
pembuatan aplikasi ini adalah dengan teori-teori yang diambil dari beberapa
buku yang memuat tentang dasar-dasar pemrograman berbasis Android dan buku-buku mengenai berbagai macam alat transportasi. Di
dalam aplikasi Android terdapat
penginstalan emulator Android itu sendiri. Dalam aplikasi ini,
terdapat menu – menu standar seperti halnya pada Android lainnya, yaitu Start, About dan Exit.
2. Rancangan Tampilan Menu
Secara umum aplikasi Learning
Transportation Equipment ini hanya menampilkan 3 bagian, yaitu bagian Start, About dan
Exit. Rancangan tampilan menu
aplikasi adalah sebagai berikut :
3. Rancangan Tampilan Start
Pada tampilan Start, pengguna akan melihat tampilan
bagian utama dari aplikasi ini, yaitu beberapa
pilihan Image Button. Dimana nantinya Image Button tersebut akan
terhubung dengan gambar alat transportasi yang disesuaikan dengan gambar button nya. Berikut adalah rancangan tampilan pada
button Start :
4. Rancangan Tampilan About
Pada tampilan About ini akan
digambarkan tampilan berupa kotak teks dari tombol button About. Berikut ini adalah rancangan tampilan teks
dari tampilan tombol About
5. Rancangan
Tampilan Image Button Alat
Transportasi
Gambar 3.4 merupakan gambaran untuk halaman image button alat trasnportasi yang akan terlihat jika kita klik image button alat transportasi tersebut.
Misalnya kita memilih button airplane. Maka
akan terlihat tampilan gambar airplane/
pesawat dengan tulisan kata “airplane”. Lalu
pada bagian bawah terlihat button listen.
Dimana fungsi button ini adalah
untuk menjalankan suara orang yang mengeja alat tranportasi tersebut.
6. Langkah
- Langkah Pembuatan Aplikasi Learning
Transportation Equipment
Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang pembuatan aplikasi Learning Transportation Equipment secara garis besar
7. Pembuatan Project Awal
Untuk membuat project awal Android dibutuhkan Android SDK dan emulator phone. Penulis menggunakan IDE Eclipse sebagai Java development environment sekaligus merupakan interface dengan emulator Android melalui plug-in Android Development Toolkit (ADT). Disini akan dijelaskan tahap dalam pembuatan project untuk pertama kali dan pembuatan AVD (Android Virtual Device) serta menjalankan aplikasi di emulator. Tahap pertama adalah membuat project baru, dengan langkah sebagai berikut:
Pilih File >>
New >> Project pada Eclipse untuk membuka project baru. Kemudian
pilih Android > Android Project, dan klik Next.
Setelah memilih Project
Android maka akan ada jendela seperti ini:
Kemudian
Masukan informasi di bawah ini:
Project
name : LearningTransportation
Build
Target : Android 1.6
Application
name : Learning Transportation
Equipment
Package
name : com.transportation
Create
Activity : LearningTransportation
Setelah selesai plug-in Android akan membuat project
dan default file. Package
akan siap di execute. Setelah itu adalah tahap penulisan program dan
pengujian dengan menjalankan AVD.
Pada Package
Explorer di Eclipse
terdapat folder aplikasi Learning Transportation
Equipment. Untuk memulai penulisan program aplikasi, buka folder aplikasi Learning
Transportation Equipment kemudian buka src
>> com.nopha >> LearningTransportationEquipment.java. Untuk
membuat interface tampilan pada
aplikasi, buka folder res >> layout >> main.xml.
Setelah selesai melakukan penulisan program langkah
selanjutnya adalah menjalankan program aplikasi Android. Klik kanan pada folder aplikasi di Package Explorer window, pilih Run
As>Android Application.
8. Pembuatan
Activity Diagram
9. Penulisan Kode-kode Pembuatan Aplikasi Learning Transportation Equipment
9.1 Kode Pada
Java Dalam Pembuatan Tampilan Menu
package
com.transportation;
import
android.app.Activity;
import
android.os.Bundle;
import
android.content.Intent;
import
android.view.View;
import
android.view.View.OnClickListener;
………………………
Potongan Kode di atas adalah sebagai
kamus yang di dalamnya terdapat perintah-perintah yang akan digunakan saat
membuat aplikasi Learning Transportation
Equipment.
public void
onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
View enterButton =
findViewById(R.id.Button_start);
enterButton.setOnClickListener(this);
View aboutButton =
findViewById(R.id.Button_about);
aboutButton.setOnClickListener(this);
View exitButton =
findViewById(R.id.Button_exit);
exitButton.setOnClickListener(this);
}
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()) {
case R.id.Button_start:
Intent
mainmenu = new Intent(this, start.class);
startActivity(mainmenu);
break;
case R.id.Button_about:
Intent about = new Intent(this,
about.class);
startActivity(about);
break;
case R.id.Button_exit:
finish();
break;
}
}
}
Pada kode
diatas merupakan bentuk pemanggilan pada Java untuk dapat memanggil
tombol-tombol button yang telah
dibuat pada bagian layout XML.
Tampilan Menu Utama
9.2 Kode Pada Java
Dalam Pembuatan Tampilan Start
package
com.transportation;
import
android.app.Activity;
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import
android.view.View.OnClickListener;
………………………………………..
Pengkodean di atas merupakan library dari perintah-perintah yang
digunakan pada bagian start.java ini.
@Override
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.start);
// Set up click listeners for all the
buttons
View enterButton = findViewById(R.id.AirPlane);
enterButton.setOnClickListener(this);
View enter2Button =
findViewById(R.id.iconbycicle);
enter2Button.setOnClickListener(this);
View enter3Button = findViewById(R.id.iconbus);
enter3Button.setOnClickListener(this);
……………………………………………………………
Potongan-potongan kode di atas merupakan
pendeklarasian beberapa Image button
yang ada pada start.xml.
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()) {
case R.id.AirPlane:
Intent
airplane = new Intent(this, airplane.class);
startActivity(airplane);
break;
case R.id.iconbycicle:
Intent
iconbycicle = new Intent (this,bicycle.class);
startActivity(iconbycicle);
break;
case R.id.iconbus:
Intent
iconbus = new Intent (this,bus.class);
startActivity(iconbus);
break;
…………………………………………………………………….
Potongan kode di atas merupakan bagian pemanggilan tiap button yang terdapat pada layout start.
Tampilan Menu Start
9.3 Kode Pada Java dalam pembuatan Tampilan About
package
com.transportation;
import
android.app.Activity;
import
android.os.Bundle;
import
android.view.View;
import
android.widget.Button;
public
class about extends Activity {
private
Button backabout;
@Override
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState){
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.about);
backabout = (Button)
findViewById(R.id.backabout);
}
public void BackMainMenu(View view){
finish();
}
}
Pada
potongan koding di atas dapat menampilkan layout
about dengan cara menghubungkan layout
tersebut kepada class About.
Serta menghubungkan button back yang
ada pada layout tersebut sehingga button back dapat kembali ke menu start.
Tampilan About
9.4 3.4.1
Kode Pada
Java dalam Pembuatan Tampilan Image
Button Airplane
package com.transportation;
import android.app.Activity;
import
android.content.Intent;
import
android.media.MediaPlayer;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import
android.view.View.OnClickListener;
import
android.widget.Button;
import android.widget.Toast;
public class airplane
extends Activity implements OnClickListener{
Button
play;
private
MediaPlayer player;
private
static final String is = "this is ";
@Override
public void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.plane);
play =(Button)
this.findViewById(R.id.Buttonairplane);
View
enterButtonAirplane = findViewById(R.id.Buttonairplane);
enterButtonAirplane.setOnClickListener(this);
View enterButtonBackPlane =
findViewById(R.id.backairplane);
enterButtonBackPlane.setOnClickListener(this);
}
public
void onClick(View v) {
switch
(v.getId()) {
case
R.id.backairplane:
Intent backairplane = new Intent(this,
start.class);
startActivity(backairplane);
break;
case
R.id.Buttonairplane:
Toast.makeText(this,
is+"Air Plane", Toast.LENGTH_LONG).show();
player
= MediaPlayer.create(this, R.raw.airplain);
player.start();
break;
}
};
}
Pada potongan program di
atas, terdapat perintah button play.
Fungsinya adalah untuk memasukkan suara ke dalam button listen. Button listen pada program di atas dihubungkan
kepada file suara yang di R.raw.
Sehingga apabila button listen di
tekan, akan terdengar suara “airplane” dengan
tulisan “this is airplane”. Dan
terdapat pula button back yang
berfungsi untuk mengembalikan tampilan ke sebelumnya.
Tampilan Image Button Airplane
Tidak ada komentar:
Posting Komentar